Musim Hujan Datang, Bolehkah Anak Mandi Hujan? Ini Kata Dokter Anak

Sugeng rawuh Kredit-Motorhonda di Portal Ini!

Kredit-Motorhonda – Air hujan untuk anak juga bisa menjadi sarana yang baik, sehingga dokter anak menyarankan para orang tua untuk tidak melarang anak bermain hujan selama mengikuti aturan yang tepat. Musim Hujan Datang, Bolehkah Anak Mandi Hujan? Ini Kata Dokter Anak

Dokter Anak, Dr. Citra Amelinda, Sp.A mengatakan, sudah sepatutnya anak-anak tertarik dengan air, apalagi air yang jatuh dari langit atau dari langit saat musim hujan. Cara Sederhana Ketahui Gejala Kanker Kolorektal, Dokter: Lihat Kondisi Feses

Inilah sebabnya mengapa sebagian anak suka bermain air di bawah pancuran, kolam renang dengan ember tumpah, atau air mancur. Ilustrasi anak-anak bermain hujan (Freepik/Prostooleh)

“Jadi asal mandinya ada di halaman, di taman, dan bukan di jalan, tidak apa-apa, karena begitulah cara belajar dan bermain,” kata dr. Foto-foto pada acara Biodef Smart Mom Gathering & Playdate di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan, Sabtu (15/10/2022).

Meskipun dia setuju, Dr. Citra mengatakan, tubuh anak belum memiliki termoregulasi atau kemampuan mengatur suhu dengan baik. Dampaknya, anak mudah masuk angin setelah bermain hujan.

“Suhu tubuh anak belum sempurna, itulah sebabnya anak sering kedinginan keesokan harinya setelah hujan,” kata dr. Gambar.

Oleh karena itu, kata dia, ada baiknya anak membatasi waktu mandinya hanya 4 hingga 10 menit saja, lalu membasuh tubuhnya dengan air mandi hingga kering. Air yang digunakan bisa panas atau dingin.

“Kalau memakai baju dingin dalam waktu lama pasti tertular, apalagi hujan tidak hanya membawa air, tapi juga membawa kuman yang membuatnya kotor, tapi tidak bisa dicegah pada anak kecil, karena ada banyak pencegahannya. bagaimana anak paling tertarik untuk mengetahuinya,” kata Dr. Gambar. Musim Hujan Datang, Bolehkah Anak Mandi Hujan? Ini Kata Dokter Anak

Terakhir, beliau mengingatkan untuk menggunakan sabun pencuci badan dengan bahan kuat atau gliserin agar tangan tetap lembab, tidak kering, dan terhindar dari iritasi.

Jadi kalau kering, sedihnya anak tidak mau cuci tangan lagi, kata dr. Gambar.