Dituding jadi Biang Kerok Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Konimex Tarik Produk Termorex

Wecome Kredit-Motorhonda di Website Kami!

Kredit-Motorhonda – Produsen Termorex PT Konimex akan menarik kembali seluruh produknya setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengetahui adanya kontaminasi etilen glikol pada produk tersebut. Dituding jadi Biang Kerok Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Konimex Tarik Produk Termorex

CEO PT Konimex Rachmadi Joesoef mengatakan, penarikan tersebut dilakukan karena memahami langkah yang diharapkan pihak berwenang yakni BPOM. Pertamina NRE-Huawei Kerja Sama Kembangkan Energi Terbarukan & Smart Grid di Indonesia

“Saat ini kami sedang mempersiapkan langkah-langkah penghentian produksi, distribusi dan penarikan kembali produk Tremorax Syrup 60 ml dengan nomor batch: AUG22A06, sesuai pemberitahuan BPOM,” kata Rahmadi Joseph dalam keterangan resmi, Jumat (21/10/2021). ) 2022).

BPOM sebelumnya telah mengeluarkan Surat Perintah Nomor R-PW.01.12.35.352.10.22.1698 tentang Penghentian Produksi, Peredaran, dan Penarikan Obat tertanggal 17.10.2022 yang diterima perseroan pada 20.10.2022.

Joesoef mengatakan pihaknya akan menjamin keamanan dan mutu bahan baku, proses pembuatan, dan pendistribusian seluruh lini produknya sesuai Cara Pembuatan Farmasi yang Baik (CPOB), termasuk produk Termorex yang pertama kali diproduksi 34 tahun lalu.

“Juga patuhi seluruh kebijakan dan peraturan yang ditetapkan pihak berwenang, untuk memastikan seluruh lini produk aman,” ujarnya.

BPOM sebelumnya mengumumkan 5 jenis produk farmasi di Indonesia mengandung kontaminan etilen glikol (EG) melebihi batas aman.

Laporan dari situs resmi BPOM RI, www.pom.go.id di Jakarta, Kamis, salah satu produknya adalah Sirup Tremorex (obat demam), diproduksi oleh PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @ 60 m “Untuk. . Dituding jadi Biang Kerok Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Konimex Tarik Produk Termorex

Tremorex dan empat obat lainnya seperti Sirup Florin DMP (obat batuk dan flu) produksi PT Yarindo Farmatama, Sirup Batuk Unibebi (obat batuk dan flu), Sirup Demam Unibebi (obat demam), dan Sirup Demam Unibebi (obat batuk dan flu) flu). coklat) yang diproduksi oleh Universal Pharmaceutical Industries mengandung etilen glikol dan dietilen glikol.

Belakangan ini, kedua obat tersebut diduga menjadi penyebab lahirnya janin ginjal yang menewaskan 99 anak di Indonesia.